cover
Contact Name
Nyoman Pasek Nugraha
Contact Email
paseknugraha@gmail.com
Phone
+6281999131789
Journal Mail Official
paseknugraha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha
ISSN : 26141876     EISSN : 26141884     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jjtm.v7i1.18616
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran teknik. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan teknik mesin bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 3 kali setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2019)" : 5 Documents clear
SISTEM UJIAN BERBASIS ONLINE Adhetya Kurniawan; Danny Firman Ocviansyah; Arif Andriyanto
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol. 7 No. 2 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v7i2.26493

Abstract

Penggundulan hutan akibat ekploitasi pohon untuk memenuhi kebutuhan kertas sudah pada kondisi memperihatinkan. Data tahun 2010, 42 juta hektar hutan gundul karena eksploitasi pohon oleh manusia. Oleh sebab itu, dunia pendidikan yang menggunakan kertas dalam media pembelajaran, perangkat pembelajaran, administrasi pendidikan, dan instrumen evaluasi sebaiknya sudah mulai beralih pada sistem nirkertas dalam penyelenggaraan pembelajaran. Pengembangan sistem ujian berbasis google class menjadi alternatif solusi permasalahan penggunaan kertas di dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan sistem ujian berbasis google class pada mata kuliah fisika teknik dengan jenis soal pilihan ganda. Penelitian ini dikembangkan dengan metode R&D. Pengembangan sistem ujian setelah melalui uji validasi oleh validator ahli didapatkan hasil bahwa sistem ujian yang dikembangkan valid dengan sekor 3,14 dan layak digunakan dengan sedikit revisi. Penerapan saat ujian mahasiswa memberikan respon positif terhadap sistem ujian dengan google class ini sebesar 84%. Hal ini berarti bahwa media sistem ujian google class ini layak untuk dipakai dalam pembelajaran.Kata kunci: Ujian, google class, Media PemblajaranDeforestation due to the exploitation of trees to meet the needs of paper is in poor condition. The data for 2010, 42 million hectares of deforested forests due to human exploitation of trees. Therefore, the world of education that uses paper in learning media, learning tools, educational administration, and evaluation instruments should have begun to switch to the paper system in organizing learning. Development of the Google Class-based examination system becomes an alternative solution to the problem of paper use in the world of education. The purpose of this research is the development of a google class-based examination system in engineering physics courses with multiple choice questions. This research was developed by the R&D method. The development of the examination system after going through the validation test by the expert validator shows that the developed test system is valid with a score of 3,14 and is feasible to be used with little revision. The application during the student exams gave a positive response to the Google class exam system by 84%. This means that the google class exam system media is suitable for use in learning. Keywords: Exams, google class, learning media
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHASIS SISWA KELAS XI TBSM DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA Putu Surya Pradana; L.J.E. Dewi; I Nyoman Pasek Nugraha
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol. 7 No. 2 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v7i2.26494

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 3 Singaraja antara kelompk siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media berbasis macromedia flash dengan kelompok siswa yang menggunakan media powerpoint. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM di SMK Negeri 3 Singaraja. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI TBSM 1 dan siswa kelas XI TBSM 2, yang ditentukan dengan teknik total sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 orang siswa. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar chasis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar chasis antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan macromedia flash dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan media powerpoint. Rata-rata skor hasil belajar chasis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran macromedia flash adalah 26,00 sedangkan menggunakan media powerpint 18,71. Berdasarkan hal tersebut dapat dijelaskan bahwa media pembelajaran macromedia flash berpengaruh terhadap hasil belajar chasis siswa. Kata-kata kunci: macromedia flash, hasil belajarThis study aims to determine the differences in learning outcomes of students of class XI TBSM 3 Singaraja Vocational School between groups of students who take learning using macromedia flash-based media and groups of students who use powerpoint media. The population of this research is the students of class XI TBSM at SMK Negeri 3 Singaraja. The samples of this study were students of class XI TBSM 1 and students of class XI TBSM 2, which were determined by total sampling technique. The number of samples used in this study were 64 students. The instrument in this study was the chassis learning achievement test. The data obtained were analyzed using an independent sample t test. The results showed that the value of Sig. (2-tailed) of 0,000 <0.05. This shows that H0 is rejected and H1 is accepted so it can be said that there are differences in chassis learning outcomes between groups of students who are taught with macromedia flash and groups of students who are taught with powerpoint media. The average score of student learning outcomes for students who took part in learning to use macromedia flash learning media was 26.00 while using powerpint media 18.71. Based on this, it can be explained that Macromedia Flash learning media has an effect on student learning outcomes. Key words: macromedia flash, learning outcomes
PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK KERAJINAN SOKASI BERBASIS MATERIAL KOMPOSIT MATRIK POLYESTER BERPENGUAT SERAT BATANG BAMBU Hadi Susanto; Kadek Rihendra Dantes; I Nyoman Pasek Nugraha
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol. 7 No. 2 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v7i2.26498

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitin pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan desain produk kerajinan sokasi berbasis material komposit matrik polyester berpenguat serat batang bambu sesuai dengan keinginan/permintaan customer menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Kelayakan desain produk kerajinan sokasi diperoleh berdasarkan hasil pengujian data, yang didapat dari hasil penyebaran angket. Kelayakan desain produk kerajinan sokasi berbasis material komposit matrik polyester  berpenguat serat batang bambu telah melewati tahap pengembangan yaitu uji ahli produk, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Uji ahli desain produk dilakukan oleh dosen Pendidikan Seni Rupa Universitas Pendidikan Ganesha dan dengan mendapatkan nilai sebesar 80% sehingga masuk dalam kriteria sangat baik. Uji kelompok kecil dilaksanakan pada 5 orang masyarakat Desa Sambangan  dan mendapatkan nilai sebesar 82% sehingga masuk dalam kriteria sangat baik. Kemudian uji kelompok besar dilakukan pada 20 orang masyarakat  Desa Sambangan dan mendapatkan nilai sebesar  86% sehingga masuk dalam kriteria sangat baik dan desain produk kerajinan sokasi layak digunakan.Kata Kunci: Pengembangan Desain, Sokasi, Quality Function Deployment.This research is a research development that aims to produce a design product based on composite rod reinforced bamboo fiber reinforced material according to the wishes / requests of customers using the Quality Function Deployment (QFD) method. The feasibility of the design of the craft product sokasi is obtained based on the results of testing the data, which is obtained from the results of questionnaire distribution. The feasibility of the design of handicraft products based on composite material of bamboo fiber reinforced composite matrix has passed the development stage, namely product expert test, small group test and large group test. The product design expert test was conducted by the lecturer of the Fine Arts Education University of Ganeshadan University with a score of 80% so it was included in the very good criteria. The small group test was carried out on 5  people of Sambangan Village community and got a score of 82% so it was included in the very good criteria. Then a large group test was carried out on 20 people of Sambangan Village community and got a value of 86% so that it was included in the very good criteria and the design of the handicraft product was suitable for use. Keywords: Design Development, Sokasi, Quality Function Deployment.
MOTOR DIESEL BERBAHAN BAKAR CAMPURAN MINYAK SOLAR DENGAN MINYAK KEMIRI DAN MINYAK WIJEN Muhammad Nurtanto
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol. 7 No. 2 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v7i2.26499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik bahan bakar (minyak solar, minyak kemiri dan minyak wijen), karakteristik campuran bahan bakar, dan mengetahui besarnya konsumsi bahan bakar dengan variasi putaran mesin. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan analyzer stargas 898. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menggambarkan secara grafis dan fenomena terukur. Hasil pengujian diketahui bahwa: (1) karakteristik minyak kemiri, minyak wijen memenuhi karakteristik bahan bakar; (2) campuran bahan bakar minyak solar 80% dengan minyak kemiri 10% dan minyak wijen 10% menghasilkan karakteristik yang lebih baik; dan (3) konsumsi bahan bakar terhadap putaran mesin 1600 rpm, 2000 rpm, dan 2300 rpm yang lebih stabil pada campuran bahan bakar minyak solar 80% dengan minyak kemiri 10% dan minyak wijen 10%  masing-masing SFC yang diperoleh sebagai berikut 0.279882, 0.288938, dan 0.281213. Kata Kuci: Minyak solar, minyak kemiri, minyak wijen, karakteristik bahan bakar, dan konsumsi bahan bakar. This study aims to determine the characteristics of fuel (diesel oil, walnut oil and sesame oil), the characteristics of the fuel mixture and knowing the amount of fuel consumption with a variation of the engine rotation. Measurements were made using 898 analyzer stargas. Data were analyzed descriptively by describing in graphic and measurable phenomenon. The test results found that: (1) the characteristics of hazelnut oil, sesame oil meets the characteristics of the fuel; (2) a mixture of diesel fuel to 80% with 10% of hazelnut oil and sesame oil 10% yield better characteristics; and (3) the fuel consumption of the engine rev 1600 rpm, 2000 rpm and 2300 rpm is more stable on a mixture of diesel fuel to 80% with hazelnut oil 10% and sesame oil 10% each SFC obtained as follows 0.279882, 0.288938 and 0.281213. Keywords: Diesel oil, fuel characteristics, fuel consumption, hazelnut oil, and sesame oil.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ENGINE STAND TERHADAP HASIL BELAJAR MESIN KONVERSI ENERGI SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA M Syahrul Utama; L.J.E. Dewi; I.N Pasek Nugraha
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha Vol. 7 No. 2 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptm.v7i2.26501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis engine stand terhadap hasil belajar mesin konversi energi siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Singraja, pada kelas X TKR yang berjumlah 66 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas X TKR 3 (kelas eksperimen) dan kelas X TKR 2 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar tipe pilihan ganda sebanyak 30 butir dengan lima pilihan. Data hasil tes dianalisis dengan uji analisis statistik berbantuan SPSS 16.0 for windows berupa uji kesamaan rata-rata nilai pretest dan posttest kedua kelas. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis engine stand menunjukkan pengaruh terhadap hasil belajar mesin konversi energi pada siswa. Hal ini berdasarkan output pair 2 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar mesin konversi energi siswa kelas X TKR untuk pretest kelas kontrol dengan posttest kelas kontrol. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar mesin konversi energi pada siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis engine stand sebesar 83.42, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa mesin konversi energi tanpa media pembelajaran berbasis engine stand sebesar 60.88 dengan selisih 22.54. Kata-kata kunci:  media pembelajaran berbasis engine stand, hasil belajar siswa. This study aims to determine the effect of the use of engine stand based learning media on the learning outcomes of energy conversion machine students in Class X Light Vehicle Engineering (TKR). This research was conducted at Singraja State Vocational School 3, in class X TKR totaling 66 people divided into two classes. Class X TKR 3 (experimental class) and class X TKR 2 (control class). The instrument used in this study was in the form of a 30 choice multiple choice type of learning outcomes test with five choices. The test result data were analyzed with SPSS 16.0 for windows statistical analysis test in the form of a similarity test of the pretest and posttest scores of the two classes. The results of the study concluded that engine stand based learning media showed an influence on learning outcomes of energy conversion machine on students. This is based on the results of the SPSS 16.0 t-test for Windows, the value based on pair 2 the Sig value is obtained. (2-tailed) of 0,000 <0.05, it can be concluded that there are differences in the average learning outcomes of machine energy conversion of class X TKR students for the control class pretest and the control class posttest. This can be seen from the average energy conversion machine learning outcomes of students who use engine stand based learning media at 83.42, while the average learning outcomes of energy conversion machine students without engine stand based learning media is at 60.88 with a difference of 22.54. Key words: engine stand based learning media, student learning outcomes.

Page 1 of 1 | Total Record : 5